Jenis makanan dan minuman yang bikin diare bertambah parah

Jenis makanan dan minuman yang bikin diare bertambah parah,- Salah satu dari kamu pasti pernah mengalami diare. Entah karena bakteri, keracunan makanan, atau konsumsi makanan yang terlalu pedas.

Saat diare menyerang, tentu saja terasa begitu menyiksa. Kamu tak bisa berpisah dari toilet karena kamu harus menunaikan hajat tersebut. Dan tentu saja ketika diare kamu tak bisa bebas mengonsumsi makanan atau minuman apa saja sebab di khawatirkan bisa memperparah diare yang terjadi.

ada beberapa jenis makanan atau minuman yang ternyata bisa memperparah diare yang kamu alami, apa saja?

Kafein

Meskipun bagimu sulit untuk memulai hari tanpa secangkir kopi atau teh, namun menghindari minuman yang mengandung kafein adalah cara terbaik bagi kamu yang sedang diare. Sebab kafein tidak membiarkan sistem pencernaan untuk mencerna makanan yang kamu konsumsi dengan baik karena kontraksi mendadak dari usus dan kemudian membuat makanan bergerak lebih cepat dari biasanya. Akibatnya, makanan tidak berasimilasi dengan benar. Selain itu kandungan keasaman di minuman ini juga bisa memperburuk gejala diare.

Makanan berbahan susu

Makanan berbahan dasar susu seperti mentega,, keju atau krim tidaklah cocok dikonsumsi saat kamu sedang diare. Sebabnya enzim lektase yang ada di dalam susu bisa semakin memperburuk pencernaan serta menyebabkan perut bergas dan kembung.

Makanan bebas gula

Makanan bebas gula juga wajib dihindari saat kamu diare, Sebabnya zat pemanis yang menjadi pengganti gula alami yang di sebut dengan lycasin bersifat pencahar du perut. Makanan ini juga berkontribusi menciptakan pembentukan gas dan kembung yang membuatmu diare.

Kubis dan kembang kol

Sayuran seperti kubis atau kembang kol bisa menyebabkan akumulasi gas di saluran pencernaan. Sehingga diare bisa memburuk.

Makanan pedas

Makanan pedas bisa dengan mudah mengiritasi lapisan dalam perut dan usus yang kemudian menyebabkan makanan bergerak dengan cepat sehingga membuat diare jadi lebih parah. Selain makanan pedas, hindari makanan tinggi rempah-rempah yang bisa menimbulkan sensasi terbakar di usus.

Alkohol

Terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol juga bisa membuat diare memburuk. Sebab alkohol bisa menyebabkan iritasi usus dan menurunkan kemampuannya untuk menyerap air.

Posted by : obatayantradisional.aldotter.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*